internet explorer 9Perusahaan software yang merajai pasar system operasi Windows, Microsoft baru saja meluncurkan web Browser Internet Explorer 9 (IE9) yang diklaim mampu bekerja lebih cepat dan aman dari serangan virus, dan mampu menampilkan grafis lebih baik dari yang ada sebelumnya. Dikutip dari Reuters saat peluncuran di San Francisco General manager IE, Dean Hatchamovitch memastikan, versi beta atau percobaan IE9 sudah tersedia dalam 30 bahasa.

Keunggulan lainnya, browser IE9 mampu memaksimalkan tampilan situs yang penuh dengan grafis atau video seperti Youtube. Situs jejaring sosial Facebook dan Twitter, yang kini banyak diakses pengguna internet dunia, menurut Hatchamovitch, juga sangat diuntungkan dengan kehadiran IE9 karena telah mendukung standar penampilan web terbaru yakni HTML 5.

Agar proses render lebih cepat, IE9 menggunakan graphic card -bukan prosesor- yang selama ini lazim digunakan browser umumnya. Hasilnya, Microsoft mengklaim tampilan situs yang dibuka akan lebih baik dan nyata. Bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi yang di dipasang komputer sekalipun. Keunggulan bawaan IE9 tak lain mudah diintegrasikan dengan Microsoft Windows, sistem operasi yang paling banyak dipasang di PC dunia.

Sejak lama, IE menjadi pemimpin pasar web browser, namun keunggulannya ini terus tergerus oleh kompetitor seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera. Berdasar survei bulan lalu yang dilakukan Statcounter, IE masih menguasai 51 persen pasar, menyusul kemudian Firefox 31 persen, Google Chrome 11 persen, Apple Safari (4 persen) dan Opera hanya 2 persen.