Mungkin sebagian besar pengguna komputer khususnya system operasi Windows mengenal software grafis seperti Photoshop dari Adobe. Photoshop merupakan software grafis paling populer karena memiliki fitur yang lengkap dan banyak tersedia tutorial program, baik dari buku maupun sumber artikel diinternet. Software grafis ini banyak diandalkan para desain grafis untuk mengedit dan memanipulasi gambar karena tersedia banyak fitur baik dari bawaan program sampai buatan pihak ketiga.

Saking populernya program Photoshop, sampai sebagian orang menganggap kalau software grafis ya cuma Photoshop. Padahal kenyataannya masih banyak program alternatif selain Adobe Photoshop yang tidak kalah baik dari segi fitur maupun kemudahan dalam pengoperasian programnya.

Salah satu program grafis alternatif selain Adobe Photoshop yang sudah cukup populer adalah GIMP. Software open source yang pada awalnya dirilis untuk system operasi Linux, lalu tersedia juga untuk OS Windows dan Mac OSX. GIMP terbaru saat ini mencapai versi 2.8 yang sudah ditambahkan fitur dan beberapa perbaikan.

GIMP 2.8 memiliki satu jendela atau Single Window Mode seperti Photoshop, sehingga jendela yang terbuka tidak terpisah-pisah seperti pada GIMP versi sebelumnya. Pengguna dapat mengaktifkan fitur Single Window Mode untuk mempermudah kontrol program.

GNU Image Manipulation ProgramJendela program menjadi satu window (gambar dari http://www.gimp.org)

Selain itu di GIMP 2.8 Anda dapat menambahkan atau menyunting teks langsung diatas kanvas gambar, hal ini berbeda di GIMP versi sebelumnya dimana penyuntingan teks ada di jendela lain.

Untuk mencicipi software olah gambar gratis dan berkualitas ini, silahkan kunjungi: Download GIMP 2.8.